Soal 5 Struktur Elektron Atom

Sebutkan beberapa pengecualian dari penyusunan konfigurasi elektron menurut aturan Aufbau?

Jawab:
Kata Aufbau berasal dari bahasa German yakni ‘Aufbaue’ yang artinya menyusun atau membangun. Untuk menyusun konfigurasi elektron maka kita membangun orbital dari satu atom ke atom yang lain, artinya dalam menyusun konfigurasi elektron atom maka kita memasukan elektron sesuai dengan urutan tingkat energi orbital sesuai dengan kenaikan nomor atom dalam sistem periodik tabel.

Namun sayangnya aturan Aufbau ini tidak berlaku untuk beberapa unsur dalam sistem periodik tabel terutama untuk atom dalam golongan transisi dan logam berat. Inilah yang kita sebut sebagai pengecualian aturan Aufbau, dimana sepertinya beberapa unsur ini stabil jika elektronnya berada lebih sedikit di orbital yang lain dan lebih banyak elektron di orbital yang lainnya.

Untuk 40 unsur pertama hanya terdapat pengecualian dalam aturan Aufbau yakni terjadi pada atom Kromium (Cr) dan Tembaga (Cu)

Dengan aturan Aufbau maka kita mendapatkan konfigurasi dua atom diatas adalah sebagai berikut:

konfigurasi elektron kromium dan tembaga1

Akan tetapi hasil eksperimen menunjukkan bahwa konfigurasi elektron kedua atom diatas yang sesungguhnya adalah sebagai berikut:

konfigurasi elektron kromium dan tembaga yang sebenarnya

Untuk setiap atom maka terdapat satu elektron dari orbital 4s yang ditransfer ke orbital 3d, walaupun kita tahu bahwa orbital 3d memiliki energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan orbital 4s.

Alasan dari perpindahan untuk untuk atom dengan nomor atom lebih dari 40 ini adalah energi diantara orbital yang berdekatan memiliki perbedaan yang bisa diabaikan sehingga elektron dengan mudah bisa ditransfer dari satu orbital ke orbital yang lainnya.

Berikut kecenderungan pengecualian aturan Aufbau dalam sistem periodik tabel.

konfigurasi atom pengecualian aturan aufbau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *