simbol berbahaya botol kimia

Jika kita melakukan praktikum di laboratorium kimia maka kita harus melengkapi diri kita dengan jas lab, kacamata, sarung tangan, membaca prosedur percobaan dengan baik dan tentu saja ada baiknya kita juga mengenal berbagai macam simbol yang terdapat pada setiap botol penyimpanan bahan kimia.

Mengerti akan arti simbol atau piktogram yang terdapat di dalam setiap botol meingkatkan kewaspadaan kita akan bahaya dari bahan tersebut bagi diri kita, alhasil kita pun dapat menerapkan berbagai macam protokol dalam penggunaan bahan kimia tersebut.

Simbol terbaru sesuai dengan ‘Control of Subtance Hazardous to Health’ (COSHH) digambarkan dengan kotak berbentuk diamond berwarna merah dengan gambar berwarna hitam didalamnya. Berikut simbol/piktogram yang sering umum muncul dalam botol bahan kimia.

Membahayakan Kesehatan
Bahan kimia ini dapat membahayakan kesehatan sebagai dampaknya dapat menyebabkan iritasi pernafasan, mata serta kulit, atau alergi pada kulit, bahan ini juga berbahaya jika tertelan atau terhirup.

simbol berbahaya botol kimia

Eksplosif
Bahan kimia ini bersifat mudah meledak, termasuk meledak jika bahan ini tersulut oleh api

simbol bahan kimia mudah meledak

Membahayakan Lingkungan
Bahan kimia ini dapat membahayakan satu atau lebih komponen lingkungan

simbol bahan kimia yang membahayakan lingkungan

Mudah Terbakar
Bahan kimia ini mudah terbakar jika kontak dengan udara, sumber pengapian, atau memiliki flash poit yang rendah

simbol bahan kimia mudah terbakar

Oksidator
Bahan kimia ini bisa bereaksi secara eksotermis dengan bahan kimia yag lain, hasil reaksi bisa menimbulkan api atau bahkan ledakan.

simbol bahan kimia oksidator

Gas Bertekanan
Simbol ini menyatakan bahwa kontainer berisi gas bertekanan yang bisa meledak jika dipanaskan, dapat menyebabkan luka bakar atau cidera kriogenik.

simbol bahan kimia gas bertekanan

Korosif
Bahan kimia ini jika kontak dengan kulit dapat menyebabkan luka bakar, kerusakan jaringan, atau besifat korosif terhadap logam

simbol bahan kimia bersifat korosif

Toksik
Bahan kimia ini dalam konsentrasi yang rendah atau sangat rendah bersifat fatal jika tertelan, kontak dengan kulit, atau terhirup

simbol bahan kimia yang bersifat toksik