Sifat Koligatif Larutan Elektrolit

jacobus van't hoff

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa sifat koligatif adalah sifat fisika larutan yang hanya dipengaruhi oleh banyaknya partikel yang terdapat di dalam larutan. Untuk larutan nonelektrolit seperti saat kita melarutkan glukosa di dalam air, maka glukosa yang sudah terlarut di dalam pelarut ada dalam bentuk molekul tunggal glukosa seperti reaksi berikut ini,

reaksi pelarutan glukosa

Setiap kita melarutkan satu mol glukosa maka di dalam larutan akan tetap dihasilkan 1 mol glukosa. Namun hal ini tidak akan sama untuk larutan elektrolit. Contoh kita melarutkan NaCl ke dalam air, pada saat garam dilarutkan maka NaCl akan tersolvasi oleh molekul air sehingga dihasilkan ion natrium dan ion klorida.

reaksi pelarutan NaCl

Bisa kita lihat bahwa setiap 1 mol NaCl yang dilarutkan akan menghasilkan 1 mol ion Na+ dan 1 mol ion Cl- sehingga total partikel yang terdapat didalam larutan adalah 2 mol. Sedangkan jika kita melarutkan CaCl2 akan dihasilkan 3 mol partikel yaitu 1 mol dari ion Ca2+ dan 2 mol dari ion Cl-.

reaksi pelarutan caCl2

Berdasarkan hal diatas van’t Hoff menyatakan bahwa besarnya sifat koligatif larutan elektrolit akan lebih besar dibandingkan dengan larutan nonelektrolit. Faktor van’t Hoff muncul sebagai rasio antara konsentrasi aktual partikel yang dihasilkan dari pelarutan zat terlarut, dengan konsentrasi zat terlarut yang dihitung dengan menggunakan massanya.
Faktor van’t Hoff untuk larutan elektrolit yang dilarutkan dalam air adalah 1, sedangkan untuk larutan elektrolit yang dihasilkan dari pelarutan senyawa ionik akan sama dengan jumlah partikel yang dihasilkan dari senyawa ionik tersebut sesuai dengan reaksi ionisasinya, dan hal ini bernilai benar hanya untuk larutan yang bersifat ideal. Faktor van’t Hoff (i) dapat dihitung dengan rumus,

faktor van't hoff

dengan n adalah jumlah ion yang dihasilkan dari setiap satuan rumus senyawa kimia yang dilarutkan dan alfa adalah derajat ionisasi dimana untuk larutan elektrolit kuat besarnya adalah 1.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *