Sifat Kimia Alkena

reaksi reaksi pada alkena

Sifat kimia alkena dapat dijabarkan sebagai berikut,

  1. Alkena lebih reaktif dibandingkan dengan alkana hal ini disebabkan adanya ikatan rangkap dua pada alkena, reaksi kimia lakena biasanya terjadi pada ikatan rangkap ini.
  2. Alkena dapat mengalami berbagai reaksi berikut,
  • Reaksi pembakaran
  • Reaksi Adisi
  • Reaksi polimerisasi

Reaksi pembakaran pada alkena
Seperti halnya aklana, alkena terbakar dengan kehadiran oksigen atau udara. Pembakaran sempurna alkena menghasilkan CO2 dan H2O sedangkan pembakaran tidak sempurna akan menghasilkan CO, karbon , dan H2O.

Contoh pembakaran sempurna etena,

reaksi pembakaran sempurna pada etena

Contoh pembakaran tak sempurna etena,

reaksi pembakaran ta sempurna etena

Pembakaran alkena akan semakin sulit dan memproduksi jelaga yang lebih banyak dengan meningkatnya ukuran molekul alkena. Alkena memiliki prosentase karbon yang lebih tinggi dibandingkan dengan alkana dengan jumlah karbon yang sama, oleh sebab itu pembakaran alkena akan menghasilkan nyala yang lebih tidak bersih dibandingkan dengan alkana untuk jumlah atom C yang sama.

Reaksi adisi pada alkena
Reaksi adisi umumnya terjadi pada alkena, dimana ikatan rangkap dua terputus dan setiap atom karbon yang sebelumnya berikatan rangkap dapat berikatan dengan atom lain/gugus fungsi lain dengan ikatan tunggal. Prinsip reaksi adisi dapat digambarkan sebagai berikut,

prinsip reaksi adisi pada alkena

Reaksi adisi pada alkena dapat terjadi dengan menggunakan,

  1. Hidrogen
  2. Halogen
  3. Steam/ uap air
  4. Halogen Halida
  5. Kalium permanganat

Adisi sederhana adalah reaksi alkena dengan hidrogen dengan adanya katalis logam nikel atau platinum. produk yang dihasilkan adalah alkana dengan jumlah atom C yang sama dengan alkena yang direaksikan.

reaksi hidrogenasi pada elkena

Alkena juga dapat mengalami halogenasi yaitu reaksi adisi halogen. Reaksi alkena dengan Br2 dapat dijadikan petunjuk untuk membedakan antara alkena dan alkana.

reaksi halogenasi pada alkena

Reaksi lain yang penting juga adalah reaksi antara alkena dengan air yang menghasilkan alkohol, reaksi ini biasa disebut dengan ‘hidrasi’ dimana membutuhkan katalis asam kuat seperti asam sulfat.

reaksi hidrasi pada alkena

Referensi:
https://chem.libretexts.org/Courses/Eastern_Mennonite_University/EMU%3A_Chemistry_for_the_Life_Sciences_(Cessna)/13%3A_Unsaturated_and_Aromatic_Hydrocarbons/13.4%3A_Chemical_Properties_of_Alkenes

https://www.slideshare.net/ctkhairani/chemical-properties-of-alkenes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *