Definisi Hidrokarbon

materi hidkrokarbon sma kelas XI

Hidrokarbon adalah kelas dari senyawa organik dimana senyawaannya hanya dibangun dari dua unsur yakni unsur karbon (C) dan hidrogen (H). Atom karbon ini berikatan satu sama lain membentuk kerangka senyawa, sedangkan atom hidrogen berikatan pada atom-atom karbon tersebut dengan berbagai konfigurasi.

contoh struktur hidrokarbon

Hidrokarbon adalah konstituen utama dari petroleum dan gas alam. Keduanya dipakai sebagai bahan bakar serta pelumas atau sebagai bahan pembuatan plastik, fiber, karet sintetis, pelarut, bahan peledak, dan bahan baku industri kimia. Di alam banyak sekali contoh hidrokarbon yang dihasilkan dari tumbuhan. Contohnya karoten yang merupakan pigmen dalam wortel dan sayuran. serta karet alam 98 persennya adalah polimer hidrokarbon.

Jenis hidrokarbon
Hidrokarbon dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kelas. Pada abad ke-19 Kimiawan mengklasifikasikan hidrokarbon dalam dua kelas besar yaitu,

  1. Alifatik, (berasal dari bahasa Yunani ‘ aleiphar’ yang artinya lemak) mendiskripsikan hidrokarbon yang diturunkan dari degradasi lemak atau minyak .
  2. Aromatik, yaitu hidrokarbon yang diperoleh dari degradasi kimiawi ekstrak tanaman yang memiliki bau-bauan yang enak. Sesuai dengan namanya ‘Aroma’ yang berarti memiliki bau yang khas.

Penggolongan alifatik dan aromatik hingga saat ini masih dipakai namun definisinya pun berubah. Alifatik, yaitu senyawa hidrokarbon yang memiliki rantai lurus, bercabang, tanpa adanya cincin aromatik. Sedangkan aomatik adalah senyawa hidrokarbon yang memiliki cincin aromatik.

Alifatik memiliki tiga kelas yaitu alkana, alkena, serta alkuna. Sedangkan aromatik terdapat dua kelas yaitu arena yaitu senyawa hidrokarbon yang memiliki cincin bensena dalam strukturnya dan nonbensenoid aromatik yaitu yang tidak memiliki struktur bensena dalam strukturnya.

hidrokarbon alifatik dan aromatik

Klasifikasi hidrokarbon menurut tatanama IUPAC maka digolongkan menjadi,

  1. Hidrokarbon jenuh, adalah hidrokarbon yang paling sederhana. Senyawaannya seluruhnya hanya terdiri dari ikatan tunggal, dan ikatannya sudah jenuh diisi oleh hidrogen. Rumus umum hidrokarbon jenis ini adalah CnH2n+2 (Alkana).
  2. hidrokarbon jenuh, adalah hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap ganda dan tiga. Senyawa yang memiliki ikatan rangkap disebut Alkena ( rumus CnH2n ) sedangkan yang memiliki ikatan rangkap tiga disebut alkuna ( CnH2n-2 ).
  3. Hidrokarbon siklik, yaitu hidrokarbon yang memiliki satu atau lebih cincin karbon.
  4. Aromatik, yaitu hidrokarbon yang memiliki setidaknya satu cincin aromatik di dalam kerangka struktur senyawanya.
contoh alkana, alkena, dan alkuna
contoh alkana, alkena, dan alkuna
contoh hidrokarbon siklik
Contoh hidrokarbon siklik
contoh aromatik hidrokarbon
contoh aromatik hidrokarbon
contoh nonbenzonoid aromatik hidrokarbon
nonbensonoid aromatik hidrokarbon

Referensi:
https://www.britannica.com/science/hydrocarbon

https://www.thoughtco.com/definition-of-aliphatic-hydrocarbon-604763

https://chem.libretexts.org/Bookshelves/General_Chemistry/Map%3A_Chemistry_-The_Central_Science(Brown_et_al.)/25%3A_Chemistry_of_Life%3A_Organic_and_Biological_Chemistry/25.02%3A_Introduction_to_Hydrocarbons

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *