Alkuna dan Tatanama Alkuna

tatanama alkuna

Alkuna adalah hidrokarbon yang dikarakteristik dengan adanya gugus fungsional ikatan karbon-karbon rangkap tiga dan memiliki rumus formula CnH2n-2. Disebabkan memiliki ikatan rangkap maka alkuna termasuk hidrokarbon tidak jenuh. Ikatan rangkap tiga karbon-karbon (alkuna) jauh lebih pendek dibandingkan ikatan rangkap dua karbon-karbon (alkena). Penamaan alkuna diberi nama dengan akhiran -una. Berikut sembilan contoh anggota alkuna,

tata nama alkuna 9 nama alkuna pertama

Tatanama Alkuna
Penamaan Alkuna juga hampir sama dengan penamaan alkana dan alkena.

Aturan 1
Tentukan rantai terpanjang dimana rantai terpanjang ini juga mengandung ikatan rangkap tiga, ini akan menjadi rantai induk senyawa tersebut.

Aturan 2
Beri nomor pada atom karbon yang terdapat dalam rantai terpanjang yang sudah didapatkan pada aturan 1, dimana nomor 1 harus berada paling dekat dengan ikatan rangkap tiga. 1-alkuna adalah alkuna dimana ikatan rangkap tiganya berada paling ujung, sedangkan alkuna dimana ikatan rangkap tiganya selain nomor 1 biasa disebut sebagai alkuna internal.

aturan tatanama alkuna sesuai iupac

Aturan 3
Setelah rantai induk diberi nomor, maka catat semua cabang yang ada di dalam rantai induk tersebut. Tulis cabang dengan urutan sesuai alfabet. Jika terdapat dua atau lebih cabang yang sama maka awalan, di, tri, tetra harus ditulis. Awalan ini tidak dihitung untuk pengurutan nama secara alfabet.

aturan tatanama alkuna sesuai iupac

Jika terdapat gugus alkohol dalam molekul alkuna maka penomoran atom karbon harus dimulai dari karbon yang paling dekat dengan gugus alkohol tersebut. Bagaimanapun juga akhiran -unol harus diberikan disebabkan gugus alkohol mendapat prioritas lebih dibanding gugus ikatan rangkap tiga

aturan tatanama alkuna sesuai iupac

Jika terdapat lebih dari dua ikatan rangkap tiga maka rantai terpanjang yang dipilih harus menyertakan dua ikatan rangkap tersebut. Penomoran rantai terpanjang harus dimulai dari atom karbon yang paling dekat dengan salah satu dari dua ikatan rangkap. Akhiran diuna, triuna harus diberikan pada molekul terebut.

aturan tatanama alkuna

Aturan 4
Jika ikatan rangkap tiga dijadikan sebagai cabang maka cabang ini akan diberi nama sebagai ‘alkunil’ berikut contoh alkuna yang menjadi cabang.

nama alkuna yang menjadi cabang

aturan tatanama alkuna sesuai iupac

Aturan 5
Molekul yang memiliki ikatan rangkap dua dan ikatan rangkap tiga sekaligus maka disebut sebagai ‘alkeuna’. Penomoran cabang utama bisa dimulai dari atom karbon yang paling dekat dengan salah satu ikatan rangkap.

aturan tatanama iupac alkuna

Referensi

  1. https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/alkynes
  2. https://chem.libretexts.org/Bookshelves/Organic_Chemistry/Supplemental_Modules_(Organic_Chemistry)/Alkynes/Naming_the_Alkynes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *