materi hidkrokarbon sma kelas XI

Definisi Alkana
Alkana adalah hidrokarbon yang dikarakteristik dengan ikatan tunggal C-C dan C-H. Senyawa ini bisa berkerangka lurus, bercabang, ataupun berbentuk rantai tertutup (sikloalkana). Alkana disebut juga sebagai hidrokarbon jenuh, memiliki jumlah hidrogen yang paling maksimal diantara dua kelas yang lain (yaitu alkena dan alkuna) dan merupakan hidrokarbon paling tidak reaktif dengan rumus umum CnH2n+2.

rumus alkana

‘istilah jenuh’ memiliki arti yang sama untuk hidrokarbon dan juga untuk lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan: Artinya molekul tersebut tidak memiliki ikatan rangkap C=C, atau setiap atom karbon didalam molekul tersebut terikat dengan empat atom yang lain (bisa karbon atau hidrogen).

Struktur Alkana
Tiga senyawa organik alkana yang pertama adalah metana, etana, dan propana. Ketiga molekul ini dapat digambarkan sebagai berikut:

cara menggambar alakan

Perlu diingat bahwa representasi mendatar gambar paling atas sebenarnya tidak menunjukkan bentuk geometri dan sudut molekul yang sebenarnya. Metana memiliki bentuk geometri molekul tetrahedral (pelajari lagi teori VSEPR) seperti gambar berikut ini.

struktur tetrahedral metana

Garis lurus tipis menunjukkan bahwa atom sebidang dengan halaman layar gadget kamu. Gambar baji bergaris putus-putus menunjukkan bahwa molekul ini keluar dibagian belakang layar gadget dan baji solid menunjukkan bahwa molekul ini keluar layar menuju arah kamu. Sudut yang dibentuk adalah sama yaitu masing-masing 109,5 derajat. Jadi untuk setiap atom C yang terdapat dalam alkana memiliki geometri tetrahedral.

Terdapat cara lain menggambarkan alkana yaitu dengan menggunakan garis. Sudut pertemuan garis mempresentasikan satu atom karbon.

Contoh cara menggambar butana dan pentana adalah sebagai berikut,

cara menggambar butana dan pentana

Setiap titik sudut yang ada dalam gambar menunjukkan satu atom C. Jadi untuk menghitung berapa atom karbon yang terdapat dalam molekul alkana maka kita hitung titiknya dati ujung ke ujung.

Berikut ditunjukkan 10 anggota pertama kelas hidrokarbon alkana,

10 senyawa pertama deret alkana

Deret Homolog
Perhatikan lagi tabel yang berisi 10 nam apertama hidrokarbon alkana diatas. Kita mulai dari propana C3H8, apabila kita bandingkan dengan butana C4H10 maka terdapat penambahan satu CH2. Dari butana ke pentana juga terdapat penambahan CH2, begitu pula untuk pentana ke heksana dan seterusnya. Sekelompok keluarga senyawa dimana perbedaan satu anggota dengan anggota yang lain hanya dibedakan oleh gugus tertentu yang sedemikian rupa (dalam hal ini untuk alkana hanya dibedakan oleh gugusCH2) maka disebut sebagai deret homolog. Dan setiap anggota didalam deret itu kita sebut sebagai ‘homolog’.

definisi deret homolog alkana

Setiap anggota dari deret homolog ini memiliki sifat yang bervariasi secara teratur dimana sifat ini bisa diprediksi dengan menggunakan pola tertentu atau kecenderungan tertentu yang mewakili deret homolog tersebut. Prinsip homologi ini dipakai oleh Kimia Organik seperti halnya Kimia Anorganik memprediksi sifat unsur dalam sistem periodik tabel.

Referensi
https://chem.libretexts.org/Bookshelves/Introductory_Chemistry/Book%3A_The_Basics_of_GOB_Chemistry_(Ball_et_al.)/12%3A_Organic_Chemistry%3A_Alkanes_and_Halogenated_Hydrocarbons/12.02_Structures_and_Names_of_Alkanes
https://chem.libretexts.org/Bookshelves/Organic_Chemistry/Supplemental_Modules_(Organic_Chemistry)/Hydrocarbons/Alkanes

https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/alkanes